3 Pimpinan PAN Tak Hadir, Sidang Gugatan Perbuatan Melawan Hukum Ditunda

Stenly Towoliu (paling kanan) didampingi Kuasa Hukum Tatang Rahim dan Sunarti saat mengikuti sidang dengan agenda mediasi di PN Manado, Kamis (06/07/2023). Diketahui, sidang ditunda Ketua Majelis Hakim Agus Darmanto akibat tiga pimpinan PAN yang jadi tergugat tak menghadiri.

POSKO, MANADO-Polemik antara Stenly Towoliu dengan Partai Amanat Nasional (PAN), dengan perkara 402/Pdt.G/2023/PN Mnd, mulai bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Manado, Kamis (06/07/2023).

Dimana, Towoliu yang merupakan kader PAN, menggugat partainya sendiri terkait perbuatan melawan hukum.

Sayangnya, sidang dengan agenda mediasi yang digelar di Ruang Chandra dengan dipimpin Ketua Majelis Hakim Agus Darmanto ini, harus ditunda.

Baca juga:

Stenly Towoliu Buat Gugatan Karena Merasa Dikhianati PAN

Sebab, dari empat tergugat hanya satu yang hadir, yakni Anggota DPRD Manado Lucky Datau. Sedangkan tiga pimpinan PAN tak menghadiri. Yakni Ketua DPD PAN Manado Bambang Hermawan; Ketua DPW PAN Sulut Bobby Daud; dan Ketua DPP PAN Zulkifly Hasan.

“Sidang ditunda dan akan digelar kembali pada 23 Juli (2023),” ungkap Darmanto menutup persidangan.

Sementara itu, usai persidangan, Towoliu didampingi Kuasa Hukum Tatang Rahim dan Sunarti memberikan uraian singkat soal gugatannya.

Dikatakan, sesuai aturan PAN yang diputuskan dalam Rakernas di Bandung medio 2017, yakni PP Nomor 1/2017, BAB VIII, poin IV; jika dua tahun sejak dilantik caleg terpilih tidak memberikan kompensasi, akan di PAW.

“Caleg terpilih harus memberikan kompensasi kepada caleg yang menyumbang suara. Jika dalam dua tahun sejak dilantik tidak memberikan kompensasi, caleg terpilih tersebut harus di PAW,” kata Sunarti.

Baca juga:

PAN ‘Digoyang’ Stenly Towoliu

Meski begitu, hingga batas waktu yang ditentukan, tidak ada tanda-tanda dari Datau yang mendapat bantuan suara dari Towoliu, untuk memberikan kompensasi.

“Sampai gugatan ini didaftarkan, kompensasi tidak pernah diberikan kepada Stenly Towoliu. Kalau dihitung sesuai waktu pelantikan hingga gugatan, itu sudah dua tahun sembilan bulan,” tekannya.

Ditambahkan, sebelum menggugat di PN Manado, Towoliu sudah pernah melakukan upaya lewat mekanisme partai dan dimenangkan.

“Mahkamah PAN sendiri memenangkan gugatan klien kami,” kunci Sunarti.(ian)