Dana BOS 2022 Diduga ‘Dikebiri’ untuk Insentif Kacabdin Pendidikan Sulut Wilayah Talaud

Ada Kwitansi dari Bendahara Sekolah, 2 Slip Setoran dan Bukti Transfer

POSKO, MANADO-Dunia pendidikan di Provinsi Sulut, khususnya di Kabupaten Kepulauan Talaud kembali memiliki kabar tak sedap. Dimana, dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk SMA/SMK TA 2022, di kabupaten paling utara Indonesia tersebut, diduga ‘dikebiri’ oleh oknum tak bertanggungjawab.

Tak tanggung-tanggung, nama Kacabdin Merry Supit ikut terseret. Sebab, dikabarkan, potongan tersebut diduga untuk biaya operasional Kacabdin.

Slip setoran Rp 3,4 juta ke Rekening BRI atas nama Merry Ch Supit yang diduga disetor oknum petugas Cabdin Pendidikan Sulut Wilayah Talaud, tertanggal 14 Juni 2022.

“Ada dugaan potongan-potongan dana BOS di SMA/SMK di Talaud TA 2022. Dimana, potongan tersebut diduga untuk operasional dari Kacabdin Pendidikan Sulut Wilayah Talaud,” ungkap sumber resmi POSKO MANADO yang tak ingin namanya disebut.

Dikatakan, hal ini sudah menjadi rahasia umum. Sebab ada bukti berupa kwitansi yang dikeluarkan Bendahara BOS dari sala satu satu SMA/SMK di Talaud, terkait penyerahan uang Rp 1 juta untuk biaya insentif Kepala Cabang Dinas, di Juni 2022. Serta ada juga bukti slip penyetoran dan bukti transfer ke Rekening BRI 5216-01-004171-xx-x atas nama Merrcy Ch Supit di Juni 2023.

“Slip penyetoran ke Rekening BRI yang diduga milik Kacabdin itu dilakukan oleh oknum pegawai di Cabdin. Pertama di tanggal 14 Juni 2022, dengan uang Rp 3,4 juta. Kemudian 15 Juni 2022, Rp 1 juta. Kemudian transfer di 17 Juni 2022, Rp 2,75 juta,” beber sumber dan menyerahkan foto kwitansi, slip setoran dan bukti transfer.

Slip setoran Rp 1 juta ke Rekening BRI atas nama Merry Ch Supit yang diduga disetor oknum petugas Cabdin Pendidikan Sulut Wilayah Talaud, tertanggal 15 Juni 2022.

Ditambahkan, diduga, uang jutaan rupiah yang disetor dan ditransfer di rekening tersebut, sebelumnya dikumpul oleh oknum pegawai Cabdin dari sekolah-sekolah SMA/SMK yang menerima dana BOS.

“Uang yang disetor dan ditransfer tersebut oleh oknum pegawai Cabdin, diduga merupakan potongan dana BOS yang dikumpulkan dari SMA/SMK yang menerima BOS,” tutup sumber.

Terpisah, dikonfirmasi via WhatsApp di 0812-9833-3xxx beberapa waktu yang lalu, Supit membantah keras hal tersebut.

Bukti transfer Rp 2,75 juta ke Rekening BRI atas nama Merry Ch Supit yang diduga ditransfer oknum petugas Cabdin Pendidikan Sulut Wilayah Talaud, tertanggal 17 Juni 2022.

“Ini sudah saya klarifikasi di Dinas Pendidikan Daerah Sulut, ke Sekretaris Diknas. Saya sudah sampaikan, tidak ada aliran dana BOS dari sekolah-sekolah yang di setor ke Kacabdin. Karena tidak ada peruntukan untuk itu (insentif Kacabdin) dalam petunjuk penggunaan dana Bos,” tekannya.(Ian)