Di TPS 02 Bowombaru Tengah Talaud, PDIP Dapat 515 Suara dari 15 Suara Sah

Sumolang: Kesalahan Dalam Proses Foto

Screenshot postingan Hillary Brigitta Lasut di akun facebook-nya terkait dugaan penggelembungan suara sala satu partai di TPS 02 Desa Bowombaru Tengah, Kecamatan Melonguane Timur, Talaud.

POSKO, MANADO-Dugaan penggelembungan suara partai di Kabupaten Kepulauan Talaud terus terangkat. Seperti yang di-posting Hillary Brigitta Lasut (HBL) melalui akun facebook-nya, di TPS 02 Desa Bowombaru Tengah, Kecamatan Melonguane Timur, Talaud, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sesuai screenshot yang diperlihatkan mendapat 515 suara. Padahal sesuai dokumen C1 yang di-upload di website KPU, total suara sah PDIP hanya 15 suara.

“Untuk masyarakat yg punya c1 lengkap tolong di check apakah ada juga yg kasusnya seperti ini. Kami sedang mengumpulkan bukti-bukti untuk melaporkan penyelenggara yang memasukan jumlah suara berbeda ke dalam aplikasi 🙏🙏 Mohon dibantu kawal dan share kesini sekiranya berkenan untuk sama-sama membasmi kecurangan dan pelanggaran pemilu atau sekedar kelalaian dalam penginputan🙏,” tulis HBL dalam postingannya.

Terpisah, Ketua KPU Talaud Andri Sumolang mengatakan kepada POSKO MANADO via WhatsApp melalui 085295879xxx, Jumat (16/02/2024), sekira pukul 14.15 WITA, hal tersebut merupakan kesalahan teknis. “Kesalahan dalam proses foto,” tulisnya.

Baca juga:

WOW! Muncul Dugaan Penggelembungan Suara Partai di Talaud

Dalam pemberitaan sebelumnya, pasca Pesta Demokrasi Rabu (14/02/2024) lalu, kini sejumlah laporan beredar terkait dugaan-dugaan penggelembungan suara partai di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Informasi didapat POSKO MANADO, dugaan penggelembungan suara partai tertentu, terjadi di beberapa tempat di kabupaten paling utara Indonesia ini. Di mana, diduga jumlah suara yang masuk di TPS tak sesuai dengan detail suara yang dilaporkan. (ian)