Gaji Nakes Talaud Oktober dan November Tuntas

POSKO, MANADO-Ditengah tak jelasnya Surat Evaluasi APBD-P Kabupaten Kepulauan Talaud TA 2023, langkah yang diambil Pemkab untuk menyelesaikan gaji tenaga kesehatan (nakes) yang belum terbayarkan di Oktober dan November, patut diancungi jempol.

Dimana, per Kamis (09/10/2023), hak dari para nakes tersebut tuntas semua.

“Gaji kami dua bulan (Oktober dan November) sudah dibayarkan,” ungkap sala satu nakes di Dinas Kesehatan Talaud saat dihubungi POSKO MANADO.

Hal yang sama juga diungkapkan sala satu Nakes di Puskesmas Mangaran. Menurutnya, pagi tadi, hak mereka sudah masuk di rekening masing-masing. “Tadi malam (Rabu, 08/10/2023) sekira pukul 23.00 WITA, saat di cek di rekening belum ada. Tapi pagi sekira pukul 08.00 WITA, gaji kami dua bulan sudah masuk,” tuturnya.

Mereka juga berterimakasih atas kepedulian dan langkah dari Pemkab Talaud, terutama Bupati Elly Engelbert Lasut (E2L) dan Sekda Yohanis Kamagi yang tak menutup mata dengan kondisi Nakes. “Terimakasih Bapak Bupati E2L dan Pak Sekda yang sangat komitmen menyelesaikan hak para nakes. Sekali lagi terimakasih banyak,” tutup mereka.

Sebelumnya, Bupati E2L dalam postingannya di akun Facebook Bupati Talaud mengatakan, Pemkab Talaud sudah memroses gaji Nakes:

 

 

 

“Sambil menunggu Rekomendasi Gubernur (walaupun sudah lewat waktu sesuai UU lewat 30 hari)….HAK2 KEUANGAN ASN/THL/P3K hari ini sudah “proses cairkan manual” (gaji Nakes 2 bln oktober-november) & HONOR THL/P3K SAMPAI NOVEMBER… KAMI TETAP MENUNGGU REKOMENDASI SEBAGAI BENTUK PENGHORMATAN ATAS OTORITAS GUBERNUR NAMUN IJIN,.. GAJI/HONOR ASN/THL/P3K SUDAH AKAN KAMI “PROSES BAYARKAN”…MOHON DIMENGERTI…KARENA TUGAS &TANGGUNG JAWAB EVALUASI APBDP YG DILAKUKAN PEMPROV MENURUT PERATURAN PEMERINTAH JUGA KARENA MEMPERTIMBANGKAN KEADAAN MENDESAK DI MASYARAKAT…”

Kemudian, Sekda Kamagi tadi pagi menyatakan di akun Facebook Yohanis B K Kamagi, gaji dari para nakes sementara berproses:

“Selamat Pagi Nakes Talaud. Dari semalam gaji Nakes Talaud telah kami proses. Mohon maaf atas ketidak nyamanan. Sebagaimana janji saya bahwa tidak ada satupun yang ikut demo dimutasi kecuali tulisan di medsos yang mengandung ujaran kebencian hujatan mendiskreditkan dan memprovokasi itu saja. Terima Kasih.”(ian)