Ini Baru Hebat! Tokoh Muda Sulut Unjuk Gigi di Tingkat Internasional

Tuama Langowan Jadi Pembicara di Asia Smart City Summit Vietnam 2023

Charles Giroth (paling kanan), sala satu Tokoh Muda Sulut yang mendapat kepercayaan mewakili Indonesia untuk menjadi pembicara bersama inovator perwakilan negara lainnya di Asia Smart City Summit 2023 yang berlangsung di Hanoi Vietnam, akhir November lalu.

POSKO, MANADO–Sala satu Tokoh Muda Sulut Charles Giroth terus unjuk gigi di tingkat internasional. Tak tanggung-tanggung, Tuama Langowan tersebut mewakili Indonesia untuk menjadi pembicara bersama inovator perwakilan negara lainnya di Asia Smart City Summit 2023 yang berlangsung di Hanoi Vietnam, akhir November lalu.
Dihubungi POSKO MANADO, Selasa (05/12/2023), Giroth mengungkapkan, ia memaparkan materi ‘Tollroad Intelligent Operation System’ dalam sesi ‘Sharing Experience’.
“Kegiatan ini merupakan kegiatan kota cerdas, smart city, yang diadakan oleh Departemen Informasi dan Komunikasi Hanoi bekerja sama dengan Asosiasi Perangkat Lunak dan Layanan Teknologi Informasi Vietnam (VINASA/Vietnam Software and IT Services Association) beserta Pemerintah Vietnam,” ungkap pria di medio 2016-2018, sebagai Commercial Director (Indonesia) Perusahaan Horizon Fuel Cell Technologies (Perusahaan terkemuka pengembang dan produsen sel bahan bakar (Fuel Cell) berkantor pusat di Singapura).

“Dalam kegiatan, para pelaku teknologi internasional terutama negara-negara di ASEAN menjadi pembicara. Kebetulan saya mewakili Indonesia untuk sharing mengenai pengalaman pembangunan Jalan Tol Cerdas di Jakarta, yaknk perencanaan sampai pada implementasi Jalan Tol Cerdas untuk PT Jakarta Tollroad Development (JTD),” sambung sosok visioner ini.
Dikatakan pria yang pernah menjabat Business Development Senior Manager PT Infracell Nusatama, medio 2008 -2010 ini, tujuan dalam kegiatan yang diikuti sekira 2000-an peserta dari sekira 11 negara tersebut; untuk memajukan pengembangan kota cerdas dan berkelanjutan dengan tema ‘Building a Smart, Connected and Developed City-Vision of Leaders’.
“Tujuannya saling share antar negara ASEAN. Terutama rencana kedepan kota-kota di ASEAN akan menjadi Kota Cerdas. Kebetulan, untuk Indonesia, Jakarta menjadi sala satu percontohan,” tutup Giroth.(ian)