Ini Tanggapan UNIMA Terkait Surat Bupati Yapen yang Menyatakan PAUD Masuk PSKGJ

Sekretaris Rektor Sebut Diselenggarakan Secara Reguler

POSKO, MANADO-Rektor UNIMA Deitje Katuuk melalui Sekretaris Rektor Devie Siwij menanggapi Surat Bupati Yapen yang menyatakan PAUD termasuk dalam PSKGJ; sesuai Nota Kesepahaman antara Pemkab Yapen dengan UNIMA medio 2011.

Dihubungi via WhatsApp di 0812-9294-6xxx, Senin (28/08/2023), meski mengaku belum membaca surat tersebut; Siwij mengatakan pernyataan dari Surat Bupati sepihak. Sebab tidak ada pernyataan dari pihak UNIMA.

Baca juga:

Surat Bupati Yapen Nyatakan 17 Guru Jurusan PAUD Ikut Jalur PSKGJ

“Jadi begini, itu surat bupati (Yapen) ya saya belum baca seutuhnya. Tapi yang jadi persoalan begini, kalau UNIMA menyatakan bahwa termasuk PAUD (dalam PSKGJ) dalam surat dari UNIMA; secara resmi nah itu,” katanya.

“Tapi kalau sepihak dari (surat) bupati atau pemda, belum bisa itu (menyatakan PAUD termasuk PSKGJ). Kecuali ada pernyataan dari UNIMA. Karena waktu itu diketahui PAUD tidak bisa (diselenggarakan dalam PSKGJ),” sambungnya.

Ketika disebut PAUD termasuk dalam PSKGJ sesuai Nota Kesepahaman atau MoU antara pihak Pemkab Yapen dengan UNIMA; Siwij menyatakan MoU tidak boleh melanggar ketentuan.

Baca juga:

Ini Klarifikasi Rektor UNIMA Terkait Perkara Korupsi PSKGJ di Yapen

“Betul ada itu (MoU antara Pemkab Yapen dan UNIMA). Tetapiā€¦ jadi begini kalau dasar berdasarkan surat bupati ada MoU (dengan UNIMA), tentu MoU yang dibuat tidak boleh melanggar ketentuan,” ucapnya.

Ditambahkan, saat itu PAUD diusulkan untuk masuk PSKGJ. Karena sesuai ketentuan UNIMA tidak bisa menyelenggarakan, sehingga dilaksanakan secara reguler.

“Waktu itu PAUD diusulkan untuk masuk (di PSKGJ). Tapikan PAUD tidak diizinkan. Memang ketentuan tidak, jadi tentu batal. Jadi UNIMA menyelenggarakan secara regular,” tutup Siwij.

Baca juga:

Ratusan Guru Yapen Jadi Korban PSKGJ UNIMA

Dalam pemberitaan sebelumnya, Surat Bupati Kepulauan Yapen, Provinsi Papua yang ditujukan kepada Rektor UNIMA dan ditandatangani Tonny Tesar selalu bupati; nomor: 421.4/1179/SET, tertanggal 7 September 2020; perihal: Penyelesaian Masalah Ijazah S1 dari 17 orang Mahasiswa PSKGJ Jurusan PAUD, Transkrip Nilai Angkatan II yang belum diterima dan Ijazah Duplikat Angkatan I; menyatakan belasan guru tersebut ikut jalur PSKGJ berdasarkan Nota Kesepahaman Nomor: 07576/UN41/2011; antara Pemkab Kepulauan Yapen dengan UNIMA.(Ian)