Kabarnya, Ada Sejumlah Oknum Tak Bertanggungjawab yang Diduga Menggelembungkan Suara Partai Tertentu di Talaud

Dugaan Data Diinput Dibuat Lebih dari Hasil C1

POSKO, MANADO-Kasus dugaan kecurangan dalam Pemilihan Umum (Pemilu), khususnya penggelembungan suara di Kabupaten Kepulauan Talaud terus bergulir.

Baca juga:

Ketua KPU Talaud Sebut PDIP Dapat 515 Suara di Bowombaru Tengah Itu Kesalahan Teknis

Informasi terakhir didapat POSKO MANADO, diduga ada oknum-oknum tak bertanggungjawab yang ingin menggelembungkan suara partai tertentu di kabupaten paling utara Indonesia ini.

“Dugaan kuat, ada sejumlah oknum yang bermain usai pencoblosan untuk menggelembungkan suara dari partai tertentu di Talaud,” kata sumber resmi saat menghubungi POSKO MANADO, Jumat (16/02/2024) malam.

Baca juga:

Di TPS 02 Bowombaru Tengah Talaud, PDIP Dapat 515 Suara dari 15 Suara Sah

Menurutnya, para oknum ini bermain saat penginputan data. Dimana, data yang diinput berbeda dengan hasil C1. “Oknum-oknum ini diduga bermain di penginputan data. Data suara partai yang diinput dugaannya dibuat lebih dari hasil C1,” tutup sumber sembari meminta agar namanya tak diungkap.

Terpisah, Ketua KPU Talaud Andri Sumolang saat dikonfirmasi terkait hal ini, membantah hal tersebut. “Tidak ada penggelembungan suara,” tulisnya via pesan WhatsApp melalui 085295879xxx, Sabtu (17/02/2024), sekira pukul 15.17 WITA.

Baca juga:

WOW! Muncul Dugaan Penggelembungan Suara Partai di Talaud

Dalam pemberitaan sebelumnya, KPU Talaud angkat suara terkait dugaan penggelembungan suara partai; khususnya di TPS 02 Desa Bowombaru, Kecamatan Melonguane Timur, Talaud, PDIP mendapat 515 suara dari 15 suara sah.

Diungkapkan Sumolang, Jumat (16/02/2024), kejadian di TPS 02 Bowombaru Tengah tersebut merupakan kesalahan teknis. “Benar (PDIP dapat 515 suara di TPS 02 Bowombaru Tengah itu kesalahan teknis),” ungkapnya.

Dikatakan, untuk data yang diinput sudah dirubah sesuai dengan C Hasil. “Sesuai dengan C Hasil. Yang masuk ke kami adalah data yang sebenarnya sesuai dengan C Hasil,” tutup Sumolang.(ian)