Ketua KPU Talaud Sebut PDIP Dapat 515 Suara di Bowombaru Tengah Itu Kesalahan Teknis

Sumolang: Sesuai dengan C Hasil

POSKO, MANADO-KPU Talaud angkat suara terkait dugaan penggelembungan suara partai; khususnya di TPS 02 Desa Bowombaru, Kecamatan Melonguane Timur, Talaud, PDIP mendapat 515 suara dari 15 suara sah.

Baca juga:

Di TPS 02 Bowombaru Tengah Talaud, PDIP Dapat 515 Suara dari 15 Suara Sah

Diungkapkan Ketua KPU Talaud Andri Sumolang kepada POSKO MANADO, Jumat (16/02/2024), kejadian di TPS 02 Bowombaru Tengah tersebut merupakan kesalahan teknis. “Benar (PDIP dapat 515 suara di TPS 02 Bowombaru Tengah itu kesalahan teknis),” ungkapnya.

Dikatakan, untuk data yang diinput sudah dirubah sesuai dengan C Hasil. “Sesuai dengan C Hasil. Yang masuk ke kami adalah data yang sebenarnya sesuai dengan C Hasil,” tutup Sumolang.

Baca juga:

WOW! Muncul Dugaan Penggelembungan Suara Partai di Talaud

Dalam pemberitaan sebelumnya, dugaan penggelembungan suara partai di Kabupaten Kepulauan Talaud terus terangkat. Seperti yang di-posting Hillary Brigitta Lasut (HBL) melalui akun facebook-nya, di TPS 02 Desa Bowombaru Tengah, Kecamatan Melonguane Timur, Talaud, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sesuai screenshot yang diperlihatkan mendapat 515 suara. Padahal sesuai dokumen C1 yang di-upload di website KPU, total suara sah PDIP hanya 15 suara.

Postingan Hillary Brigitta Lasut di akun facebook-nya terkait dugaan penggelembungan suara sala satu partai di TPS 02 Desa Bowombaru Tengah, Kecamatan Melonguane Timur, Talaud.

“Untuk masyarakat yg punya c1 lengkap tolong di check apakah ada juga yg kasusnya seperti ini. Kami sedang mengumpulkan bukti-bukti untuk melaporkan penyelenggara yang memasukan jumlah suara berbeda ke dalam aplikasi 🙏🙏 Mohon dibantu kawal dan share kesini sekiranya berkenan untuk sama-sama membasmi kecurangan dan pelanggaran pemilu atau sekedar kelalaian dalam penginputan🙏,” tulis HBL dalam postingannya.(ian)