Lagi-lagi Sidang Stenly Towoliu Vs PAN Ditunda

Akibat Ketua DPP Tak Hadir, PH Tak Bisa Tunjukkan Fisik Surat Kuasa

POSKO, MANADO-Sidang gugatan perbuatan melawan hukum yang dilayangkan Stenly Towoliu terhadap Partai Amanat Nasional (PAN) dengan Perkara Nomor: 402/Pdt.G/2023 di Pengadilan Negeri (PN) Manado, lagi-lagi ditunda Majelis Hakim yang dipimpin Agus Darmanto, Kamis (27/07/2023).

Hal ini, karena Ketua DPP PAN Zulkifly Hasan (Zulhas), satu dari empat tergugat tidak hadir. Selain itu, Steiven Zekeon, Penasehat Hukum dari para tergugat, hanya bisa menunjukkan fisik surat kuasa dari Anggota DPRD Manado Lucky Datau sebagai tergugat satu; Ketua DPD PAN Manado Bambang Hermawan, tergugat dua; dan Ketua DPW PAN Sulut Bobby Daud, tergugat tiga. Sedangkan fisik surat kuasa dari Zulhas tidak ada.

Baca juga:

3 Pimpinan PAN Tak Hadir, Sidang Gugatan Perbuatan Melawan Hukum Ditunda

“Saya baru menerima surat kuasa elektronik. Untuk fisik (surat kuasa Zulhas) akan diambil Bobby Daud di Jakarta,” kata Zekeon.

Selain itu, ia juga mengatakan, Zulhas tak bisa menghadiri sidang yang saat ini masih dalam tahap mediasi; akibat sibuk menjalankan tugas sebagai menteri dalam Kabinet Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Klien kami (Zulhas) menteri dalam kabinet Presiden Jokowi. Sehingga karena kesibukannya membuat klien kami tidak bisa hadir,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Towoliu kemudian meminta agar Majelis Hakim mempertimbangkan kembali. Sebab sudah ada contoh, sala satu menteri yang turut hadir dalam sidang.

“Mohon majelis mempertimbangkan. Ambil contoh Luhut Binzar Panjaitan saja hadir di ruang sidang,” tekannya.

Baca juga:

Stenly Towoliu Buat Gugatan Karena Merasa Dikhianati PAN

Senada, Tatang Rahim, PH Towoliu meminta agar ketidak hadiran Zulhas ini menjadi catatan.

“Izin majelis, kami berharap ini menjadi ketidak hadiran yang kedua,” tuturnya.

Sementara itu, usai mendengar pendapat dari dua bela pihak, Majelis Hakim memutuskan untuk menunda sidang dua minggu kemudian.

“Sidang ditunda dua minggu dari sekarang. Mengingat jaraknya yang jauh, bagaimana kita sepakat sidang ditunda nanti 10 Agustus,” tutup Darmanto sembari mengetuk palu.(ian)