Supervisor Security PT TTN Nyaris Bunuh 20 Penambang di Tatelu

Masyarakat menghalangi Supervisor Security PT TTN Lucky Cs yang berupaya menutup lubang tambang dan mematikan blower udara, Kamis (08/06/2022). Sebab, di dalam lubang tambang, masih ada sekira 20 penambang yang beraktivitas.

 

POSKO, MANADO-Supervisor Security PT Tambang Tondano Nusajaya (TTN) Lucky nyaris membunuh sekira 20 penambang di wilayah Koperasi Batu Emas Tatelu, lokasi KUD, Desa Tatelu, Kecamatan Dimembe, Minut, Kamis (08/06/2022).

Hal ini, dikeluhkan para penambang kepada sejumlah wartawan yang datang di lokasi, Jumat (09/06/2023).

Menurut mereka, awalnya para security PT TTN yang dipimpin Lucky memotong tali pengikat terpal kemudian merobek terpal. Tapi hal tersebut tak digubris puluhan masyarakat yang ada di lokasi.

Tiba-tiba, Lucky langsung memerintahkan anak buahnya menutup lubang tambang dan mematikan blower yang memasok udara ke dalam lubang. Padahal, di dalam lubang dengan kedalaman hampir 50 meter tersebut, masih ada sekira 20 penambang yang beraktivitas.

Baca juga:

PT TTN Kembali Berulah

“Lucky memerintahkan anak buahnya untuk mematikan blower udara dan menutup lubang tambang meski ada penambang di dalam. Jika suplai udara terhenti, para penambang di dalam pasti mati,” ungkap Jos, sala satu penambang.

Lanjutnya, para penambang juga manusia bukan binatang.

“Kami penambang juga manusia, bukan binatang. Mau bunuh binatang juga masih pikir-pikir. Tapi Supervisor PT TTN Lucky dengan seenaknya mau mematikan blower udara dan menutup lubang tambang. Padahal ada 20 penambang di dalam,” sambungnya dan dibenarkan para penambang lainnya.(ian)